Apa Itu Digital Marketing? Pengertian dan Konsep Dasarnya

Digital marketing

Belakangan ini strategi menggunakan digital marketing semakin menunjukkan ragam terobosan terbaru. Namun meskipun demikian, ada satu hal yang jauh lebih penting, yakni mempelajari dan memahami apa itu pemasaran secara digital. Ada beberapa konsep dasar yang juga perlu Anda ketahui sebelum melanjutkan ke inovasi terbaru yang ada.

Pasalnya, dibandingkan memahami benar-benar apa yang dimaksud dengan definisi serta dasar-dasar pemasaran digital, banyak orang khususnya pemilik usaha menyalahartikan digital marketing. Mereka menyamaratakan pemasaran digital sebagai ‘situs website milik kami’ atau ‘laman Facebook milik kami’. Padahal keduanya sama sekali berbeda.

Alhasil, pemikiran-pemikiran tersebut kemudian justru menjadi tembok dan pada akhirnya membatasi ruang lingkup serta peluang dari apa yang kita kelola. Bahkan tak menutup kemungkinan pelaku usaha melewatkan beberapa hal yang jauh penting.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Digital Marketing

Strategi Marketing Modern

Adapun digital marketing adalah penggunaan jaringan atau koneksi internet serta media digital maupun teknologi lain untuk mendukung penjualan. ‘Strategi marketing modern’ melalui perangkat digital juga dapat disebut sebagai pemasaran digital, pemasaran internet, e-marketing, bahkan pemasaran web. Semua istilah tersebut senantiasa berganti-ganti seiring berjalannya waktu.

Namun dari sekian banyak sebutan, pemasaran digital adalah nama yang paling sering digunakan saat ini. Dalam praktiknya, pemasaran digital bisa mencakup berbagai bentuk strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan online. Misalnya, penggunaan situs web perusahaan, aplikasi di ponsel pintar, hingga laman media sosial perusahaan untuk memasarkan produk dan usaha mereka.

Teknik Pemasaran

Sangat penting untuk diingat bahwa digital marketing menggunakan teknik komunikasi yang sangat berbeda dengan pemasaran tradisional. Namun keduanya tetap memiliki tujuan akhir yang sama, yakni menarik pembeli.

Jika Anda ingin bisnis berkembang, bersikeras tetap menggunakan strategi pemasaran yang sama seperti yang digunakan pelaku usaha berpuluh-puluh tahun lalu, yakni duduk di dalam toko dan menunggu pembeli datang sendiri, itu bukanlah pilihan tepat.

Pasalnya, dunia senantiasa berubah. Para konsumen pun berubah. Mereka yang dulunya menyukai belanja di toko langsung, kini lebih suka diam di rumah dan memesan belanjaan yang mereka pesan. Jadi jika Anda sebagai pelaku usaha menolak bergerak, bisa dipastikan usaha Anda akan bangkrut.

Ketahuilah bahwa bisnis tanpa strategi digital marketing sama saja seperti berjalan tanpa arah. Bahkan bagi perusahaan yang sudah menggunakan strategi pemasaran digital pun tetap harus senantiasa memperbaruinya. Agar dapat menjangkau target sasaran Anda, gunakankanlah platform yang disukai pelanggan masa kini. Misalnya komputer desktop, tablet, atau smartphone.

Adapun teknik digital marketing yang paling efektif adalah menggunakan berbagai metode komunikasi langsung dengan pelanggan. Seperti contohnya, mempromosikan produk melalui e-mail, media sosial, aplikasi, hingga SEO, blog maupun generator konten.

Konsep Dasar Digital Marketing

Pemasaran digital berhubungan dengan teknik komunikasi online yang dilakukan para pemilik dan pelaku usaha. Mulai dari pemasaran di mesin pencari, pemasaran  media sosial, periklanan online, pemasaran e-mail, hingga kerja sama kemitraan dengan situs web lainnya.

Teknik-teknik tersebut dilakukan dengan tujuan menarik pelanggan baru. Namun sekaligus juga memberikan pelayanan kepada para pelanggan lama. Pasalnya, meski digital marketing lebih menjanjikan, pemasaran langsung melalui pelanggan yang sudah ada masih tetap dianggap efektif hingga sekarang ini.

Dan untuk mensukseskan pemasaran melalui perangkat digital, Anda perlu memperhatikan digital marketing yang tepat. Berikut beberapa tips yang bisa Anda pelajari sebelum terjun ke teknik pemasaran digital.

Keunggulan Digital Marketing

Manfaat penting lain dari menggunakan strategi pemasaran digital yang mencakup analisis, yakni kemampuan pelaku usaha dalam menentukan tujuan dan mengetahui seberapa banyak kemajuan Anda. Artinya adalah mengetahui benar-benar siapa saja pelanggan Anda dan apa yang mereka inginkan sebenarnya.

Untuk mendapatkan gambaran lengkap tentang semua itu, gunakan website feedback tools sebagai senjata penting Anda. Hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan gambaran jelas mengenai pelanggan Anda, mulai dari usia, minat, pekerjaan, status perkawinan, dan lain sebagainya. Setelah itu baru Anda targetkan pelanggan.

Beberapa perusahaan terus berupaya menjauhi strategi digital marketing dengan alasan tak memiliki cukup dana. Ya, memang strategi digital sendiri tak hanya terbatas pada iklan-iklan situs web semata. Untuk itu sangat penting mengalokasikan anggaran yang cukup. Anggaran sebenarnya tergantung pada kebutuhan masing-masing pemilik usaha. Gunakan untuk mempromosikannya di laman media sosial yang ada.

Cara Mengungguli Pasar dengan Digital Marketing:

Apa itu Digital marketing

Kuasai Teknik Pemasaran Digital

Setelah Anda menguasai digital marketing, pekerjaan tak lantas berhenti. Teknik pemasaran yang satu ini juga membutuhkan perhatian konstan dan konsisten untuk menjaganya tetap bertahan.

Libatkan diri Anda merupakan kunci sukses praktek dalam pemasaran digital. Jawab pertanyaan dan pesan yang masuk. Beri tanggapan terhadap komentar pelanggan. Tempatkan diri Anda untuk menjawab penilaian, baik maupun buruk yang diberikan para konsumen. Usahakan tetap menunjukkan sikap profesional dan hindari terbawa emosi saat mendapat hujatan.

Identifikasi Tingkat Kepuasan Pelanggan

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, Anda bisa melakukan riset untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap produk dan jasa Anda. Gunakan situs jejaring sosial untuk membuat survei sederhana. Cari tahu kebutuhan dan keinginan pelanggan, sehingga ke depannya Anda dapat menyempurnakan lagi apa yang saat ini kurang.

Evaluasi dan Penuhi Kepuasan Pelanggan

Faktor kunci keberhasilan dalam digital marketing adalah sukses meraih kepuasan pelanggan melalui saluran digital. Selain mencari tahu pendapat pelanggan tentang produk dan jasa yang Anda tawarkan, penting juga menanyakan komentar pelanggan mengenai situs Anda.

Mengoptimalkan pemasaran digital bisa menjadi sesuatu yang cukup rumit. Inti dari apa itu digital marketing, adalah tentang bagaimana kita memanfaatkan teknologi digital demi mencapai tujuan pemasaran. Tak ada kebutuhan yang lebih penting dari pemasaran digital dengan strategi pemasaran lainnya, karena keduanya memiliki tujuan yang sama.

Hingga Anda benar-benar berhasil menangani permasalahan demi permasalahan yang diciptakan oleh strategi dunia pemasaran digital masih ada begitu banyak hal yang menanti dan harus Anda perhatikan untuk lalu dipelajari. Dan ketika sudah sukses merebut konsumen melalui pemasaran digital, Anda tetap harus bergerak mencari inovasi terbaru.

Masih bingung dengan masalah digital marketing? Silakan hubungi kami untuk informasi lebih lengkapnya.

Growinx Digital Marketing Agency
Free Consultation:
Website: www.growinx.com
Email: info@growinx.com
Call/WA: +62 838-800000-25